Pentingnya Pemberian Vaksin Meningitis Untuk Jamaah Umroh Dan Haji

Untuk para calon jamaah umroh dan haji pastinya akan diharuskan suntik meningitis sebelum berangkat ketanah suci. Ini dikarenakan adanya beberapa faktor yang mewajibkan para calon jamaah umroh dan haji untuk melakukan suntik meningitis.

Vaksin Meningitis merupakan persyaratan yang wajib untuk para calon jamaah, untuk mendapatkan VISA yang telah ditetapkan oleh pemerintah atau kerajaan Arab Saudi. Biasanya pemberian vaksin meningitis diberikan kepada para calon jamaah umroh dan haji paling lambat dua minggu sebelum pemberangkatan ke tanah suci, akan tetapi alangkah lebih baiknya 1 bulan sebelum pemberangkatan. Suntik meningitis disini untuk mencegah dan melindungi para calon jamaah tekena atau penularan penyakit meningitis selama 3 tahun.
Apa sih meningitis itu?

Meningitis sendiri merupakan penyakit radang yang terjadi dikarenakan adanya selaput atau membran otak dan sumsum tulang belakang, yang sebabkan oleh infeksi virus, bakteri, dan mikro organisme. Jangan pernah menganggap remeh penyakit meningitis ini, karena hal yang terburuk jika terkena, akan mengalami kematian mendadak. Oleh karena itu di wajibkan oleh para calon jamaah umroh dan haji agar melakukan suntik meningitis terlebih dahulu sebelum pemberangkatan.

 

 

Apa manfaat dari pemberian vaksin meningitis itu?

Pada dasar jika kita berpegian kita harus menjaga kondisi badan kita agar tidak sakit disaat berpergian dan beraktivitas disana. Yang perlu dipersiapan pada waktu berpegian jauh, biasanya di ajurkan membawa obat-obatan, vitamin-vitamin, dan juga  pemberian vaksin dahulu sebelum berangkat. Disini pemerintahan atau kerajaan Arab Saudi mempunyai peraturan akan pemberian vaksin meningitis sebelum tiba di Arab Saudi, dan juga sebagai syarat untuk mendapat VISA di Arabs Saudi. Adapun beberapa manfaat pemberian vaksin meningitis:

  • Yang pertama untuk mencegah terjadi meningitis, yang biasanya disebabkan oleh bakteri dan lain-lain. Dikarenakan penularan penyakit sangat mudah dan cepat terkena pada calon jamaah umroh dan haji.
  • Kemudian pemberian vaksin meningitis dapat menekan jumlah korban jiwa akibat penyakit infeksi selaput otak. Sehingga dengan adanya pemberian vaksin meningitis dapat mengurangi penyebaran atau penularan dari penyakit itu sendiri.
  • Yang terahir adalah sebagi syarat utama untuk para calon jamaah umroh dan haji agar mendapatkan VISA dari Arab Saudi.

Apa efek samping dari suntik meningitis?

Efek samping dari vaksin meningitis ini adalah akan merasakan rasa sakit dan ruam di sekitar bagian yang disuntik. Terkadang efek samping dari penyakit ini di rasakan selama satu sampai dua hari. Akan tetapi para calon jamaah jangan terlalu khawatir tentang efek samping ini, karena kondisi sangat jarang dan tidak terlalu membahayakan.

Jadi kesimpulannya disini setiap berpegian jauh dan terlebih lagi keluar negara, alangka baiknya kita cek kondisi kesehatan dahulu. Yang berupa pemberian vaksin, membawa obat-obatan, membawa vitamin-vitamin dan juga selalu menjaga kondisi kesehatan badan kita. Untuk anjuran pemberian vaksin miningitis sendiri, memang harus wajib dilakukan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply