Apakah Anda Tahu Manfaat Dari Umroh

Kata umroh, memang tidak asing di telinga bagi orang yang memeluk agama islam. Akan tetapi ada beberapa umat islam yang tidak mengerti tentang apa arti umroh dan apa manfaat dari umroh itu sebenarnya. Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan secara singkat arti dari umroh dan manfaatnya.

Umroh merupakan suatu ibadah yang hampir sama dengan ibadah Haji. Yaitu pelaksanaan meliputi Ihram, Tawaf, Sa’i, Tahallul, dan harus tertib. Perbedaanya disini adalah diwaktu pelaksanaannya, jika ibadah haji dilaksanakan pada 9 sampai 13 Dzulhijjah sedangkan ibadah umroh dikerjakan selain bulan tersebut.

 

Itulah perbedaan haji dan umroh secara singkat, selanjutnya kita membahas manfaat dari umroh itu sendiri. Adapun macam-macam keutamaan umroh sebagai berikut:

  1. Diberkahi oleh Allah SWT.

Setiap orang yang melaksanakan ibadah haji dan umroh, pastinya akan diberkahi oleh Allah SWT. Seperti yang diucapkan Rasulullah : “Mereka yang datang dan melaksanakan ibadah haji umroh di mekkah amaka mereka itu adalah para tamu Allah, karena mereka mendatangi rumah-Nya dan memenuhi panggilan-Nya. Oleh karena itu, Allah Ta’ala akan mengabulkan do’a mereka”

  1. Penghapusan Dosa

Yang kedua adalah penghapusan dosa, sabda Nabi Muhammad SAW: “ibadah umroh ke ibadah umroh berikutnya adalah penggguran dosa diantara keduanya, dan haji yang mabrur tiada balasan (bagi pelakunya) melainkan surge” (HR. Al- Buhari dan Muslim).

  1. Dijanjikan Mati Syahid

Mungkin kita tahu berita-berita tentang ibadah haji maupun umroh, yaitu salah satu berita tentang banyak orang yang meninggal saat melakukan ibadah haji atau umroh. Pada hakikatnya, mereka yang melakukan ibadah umroh atau haji dengan hati yang ikhlas semata-mata karena Allah, dan meninggal saat melaksakan umroh atau haji. maka mereka akan mendapatkan tempat disurga atau bisa dibilang ia mati syahid.

“Siapa yang meninggal saat ia berhaji atau umroh, niscaya amalnya tidak dipaparkan kepadanya dan ia tidak akan dihisab. Dan dikatakan kepadanya: Masuklah engkau ke dalam surge” (riwayat Ad-Daraquthni, 288).

  1. Umroh saat Puasa

Melaksanakan ibadah umroh pada saat bulan puasa sangatlah dianjurkan. Karena pada bulan puasa penuh dengan keramatan dan pahala. Jika kita melaksanakan umroh pada saat bulan Ramadhan akan dilipat gandakan pahalanya.

 

Demikan dari penulisan artikel kami, semoga artikel kami bermanfaat bagi para pembaca. Berikanlah masukan-masukan yang bisa membangun dalam artikel kami, karenanya pada dasarnya kita saling belajar. Terima kasih…

Leave a Reply