Gempa Aceh 7 desember 2016

Gempa menguncang wilayah Banda Aceh dan sekitarnya, kurang lebih pada jam 05.00 WIB tepatnya pada waktu adzan subuh. 

Mengkutip dari http://news.okezone.com/ Sejumlah warga sempat hendak mengevakuasi diri menjauh dari pantai.”Kami hendak evakuasi, tapi masih menunggu. Gempanya terasa kuat. Rumah sempat bergetar, terasa seperti gempa akhir 2004 silam,” ungkap Nurfida, ibu rumah tangga, di Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh, Rabu (7/12/2016)

Sementara itu, informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyebutkan gempa itu berkekuatan 6,4 skala richter (SR) yang terjadi pada kedalaman 10 kilometer.

gempa-aceh-korban-meninggal-bertambah-jadi-27-orang-n4c

Kemudian data terupdate pasca gempa dari https://www.tempo.co/ Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie Jaya Puteh Manaf mengatakan, berdasarkan informasi sementara yang dilaporkan kepadanya, jumlah korban meninggal dunia sudah mencapai 25 orang. (11.35 WIB)

“Data itu belum lagi final. Hingga menjelang siang ini, masih ada belasan warga yang terjebak di bawah reruntuhan bangunan,” kata Puteh, Rabu, 7 Desember 2016.

Selain korban meninggal dunia, sejumlah bangunan dilaporkan runtuh, di antaranya sepuluh unit ruko beserta beberapa tiang listrik. Jalan desa dilaporkan rusak. Empat rumah semipermanen juga dilaporkan roboh. Sedangkan di Kabupaten Bireuen, dua unit rumah serta satu masjid roboh.

Hingga saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) maupun BPBD Pidie Jaya belum melansir nama-nama korban meninggal dunia.
Adapun pelaksana tugas Gubernur Aceh, Soedarmo, hari ini menetapkan musibah gempa bumi yang berpusat di Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, itu berstatus darurat provinsi. “Penetapan status darurat provinsi karena penanganannya harus segera dilakukan,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Direktur Penanggulangan Bencana Kementerian Sosial Adi Karyono mengatakan, dalam kondisi darurat, bupati/wali kota dapat mengeluarkan surat keputusan kondisi darurat sehingga dapat mengeluarkan cadangan beras pemerintah hingga 100 ton.

Gubernur juga dapat mengeluarkan penetapan status darurat provinsi. Dengan begitu, gubernur dapat mengeluarkan cadangan beras pemerintah hingga 200 ton. Jika cadangan beras pemerintah tersebut telah habis digunakan, Kementerian Sosial dapat mengeluarkan cadangan beras di atas 200 ton.

Gempa berkekuatan 6,4 skala Richter mengguncang Pidie Jaya, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, dan sekitarnya pada subuh tadi, pukul 05.03 WIB. Dilaporkan terjadi kerusakan parah di Kabupaten Pidie Jaya.

Leave a Reply