Gerakan Sholat Yang Penuh Keajaiban

Sebagai umat islam, tentu kita semua sudah mengetahui bahwa sholat merupakan kewajiban yang harus kita jalankan ketika masih hidup didunia. Kewajiban sholat dibebankan kepada muslim sejak mereka baligh dan mengetahui apa yang baik dan yang buruk (sehat rohani). Sholat tersusun atas beberapa gerakan. gerakan sholat dimulai dari berdiri niat dan diakhiri duduk salam.

Keajaiban-gerakan-sholat

Gerakan Sholat

Perlu kita ketahui juga, gerakan sholat jika kita teliti secara medis, ternyata banyak membawa manfaat bagi kesehatan. bisa kita simpulkan bahwa sholat tidak hanya sebuah kewajiban semata tetapi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tidak hanya kesehatan fisik tetapi mental dan emosional juga mendapatkan manfaat sholat. Sayang sekali jika kita tidak mengetahui manfaatnya.

berikut ini kami sebutkan beberapa manfaat dari gerakan sholat ;

Gerakan sholat yang pertama adalah Takbiratul Ikhram, diawali dengan niat sampai melipatkan tangan memiliki manfaat untuk melancarkan peredaran darah dan meregangkan persendian. gerakan yang dilakukan pada permulaan sholat ini yaitu diawali dengan berdiri tegak, mengangkat tangan sejajar telinga, kemudian melipatnya diantara perut dan dada. lalu mengapa memiliki manfaat demikian? saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang akibatnya aliran darah kaya oksigen menjadi lancar. selain itu ketika tangan melipat didepan perut menyebabkan otot kedua tangan serta bahu berkontraksi sehingga lebih kuat dan kencang.

Setelah itu rukuk, rukuk menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. cara melakukan rukuk adalah dengan membungkukkan badan lurus kedepan, sehingga kedua tangan bertumpu pada kedua lutut. melakukan rukuk yang sempurna mengakibatkan otot pada sekitar punggung sampai pantat mengalami kontraksi sehingga menjaga posisi dan fungsi tulang belakang, aliran darah akan lebih maksimal pada tubuh bagian tengan. fungsi dari tangan bertumpu pada lutut yaitu untuk merelaksasi bagi otot bahu hingga tumit. rukuk juga bermanfaat untuk mencegah gangguan prostat.

Dalam hal melatih pencernaan, gerakan sholat berikutnya yang memiliki manfaat tersebut adalah I’tidal. Gerakan i’tidal dilakukan setelah rukuk, yaitu bangun dari rukuk tubuh kembali tegak lurus dengan mengangkat tangan setinggi telinga kemudian melakukan gerakan berikutnya yakni sujud. Gerakan berdiri bungkuk berdiri sujud merupakan gerakan yang sangat bemanfaat untuk melatih pencernaan. Organ pencernaan dalam tubuh mengalami pijatan dan pelonggaran secara bergantian sehingga pencernaan menjadi lancar.

Manfaat Gerakan sholat selanjutnya dapat anda simak dengan mengikuti terus update artikel terbaru Blog Madani Tour & Travel, penyedia jasa Umrah dan Haji Plus.

Semoga bermanfaat dan meningkatkan semangat kita untuk terus menyempurnakan ibadah karena Alloh SWT. aaamiin ya rabbal alamin.

Baca juga kelanjutanya : Manfaat Gerakan Sholat Bagian II

 

1 Comment

  • Gerakan Sholat dan Manfaatnya Bagian II | Blog Madani Tour & Travel / November 15, 2016 at 2:55 pm

    […] yang telah kita bahas sebelumnya mengenai gerakan sholat yang penuh keajaiban, dan tentu masih belum semua gerakan sholat telah kita bahas. Sholat yang terdiri dari berbagai […]

    Reply

Leave a Reply