Jangan Memanjat Pohon Yang Salah

Jangan Memanjat Pohon Yang Salah

Jangan Memanjat Pohon Yang Salah

Untuk memetik hasil buah kita harus memanjat, masalahnya adalah bahwa setiap manusia sebagai utusan Allah memiliki tugas yang berbeda-beda yang berarti bahwa buah yang harus dipetiknya berbeda-beda. Apabila dengan susah payah memanjat pohon untuk memetik buahnya ternyata buah yang salah maka kita hanya akan membuang waktu, energi dan biaya. Dengan begitu kita harus tahu pohon yang mana yang harus dipanjat. Setelah berhasil memanjat pohon yang benar dan memetik buahnya, maka tugas berikutnya adalah memberikan buah tersebut kepada yang memerlukannya. Jadi disini ada tiga tahapan dan pengertian yang penting:

Pertama : Memilih pohon yang benar yang berarti memilih karir yang benar
Kedua : Memetik Buah yang berarti meraih hasil
Ketiga: Membagikan buah yang berarti memberikan kontribusi kepada yang membutuhkannya

Untuk dapat memilih karir yang benar, gali dan temukan kegiatan yang anda suka, mudah melakukannya, hasilnya maksimal dan bermanfaat [dapat dilakukan dengan test minat/bakat seperti Talents Mapping]. Usaha mengenali Bakat dan Potensi ini sangatlah penting,karena mereka yang bekerja sesuai dengan Bakat dan Kekuatannya, sebagian besar performance character akan muncul dengan sendirinya. Manusia apabila beraktivitas sesuai dengan personalitynya berada dalam kondisi Flow dimana waktu seakan berhenti saking asiknya dalam kondisi Flow ini semangat kerjanya tinggi, tekun dan lebih kreatif.
Untuk dapat meraih hasil maka anda harus tekun, kerja keras, disiplin pribadi, rajin, aktif mencari jalan keluar, memiliki etika kerja, penuh tasa tanggung jawab dan ini semua dinamakan Performance Character [karakter kinerja] yang merupakan kwalitas kwalitas untuk mencapai hasil.
Untuk dapat memberikan kontribusi kepada orang lain dan lingkungan, maka ybs harus seorang yang baik hati, ramah, berjiwa sosial, memiliki keperdulian terhadap orang lain, jujur,bertanggung jawab, dermawan, berempati, senang mendahulukan orang lain yang dinamakan Moral Character [karakter moral] yang merupakan kwalitas-kwalitas untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain dan lingkungan.
Memiliki Performance Charater tanpa Moral Character akan menghasilkan orang hebat yang bisa merugikan orang lain. Memiliki Moral Character tanpa Performance Character akan menghasilkan orang baik yang tidak produktif.

USAHA SEKUAT SEPENUH HATI DAN TENAGA UNTUK MENDAPATKAN HASIL YANG SESUAI DENGAN POTENSI MASING MASING AGAR BISA MEMBERIKAN KONTRIBUSI SEBESAR-BESARNYA BAGI AGAMA DAN BANGSA

Leave a Reply